Mentan luncurkan beras analog

Sabtu, 01 September 2012 - 17:06 WIB
Mentan luncurkan beras analog
Mentan luncurkan beras analog
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan) RI Sarwono, resmi meluncurkan beras analog (berbahan sagu, jagung dan tepung singkong) hasil inovasi Institut Pertanian Bogor (IPB). Hal ini sebagai kebutuhan pokok pengganti beras padi.

"IPB yang menghasilkan banyak model inovasi pangan. Mudah-mudahan bisa dibuat industrinya untuk memperbanyak dan disosialisasikan, bahwa beras analog bisa menggantikan nasi yang berbahan dari padi," jelasnya dalam Dies Natalis ke 49 IPB dan Perkenalan Masuk Kampus Mahasiswa Baru di Kampus IPB, Dramaga, Bogor, beberapa waktu lalu.

Selain itu, pihaknya berharap seluruh mahasiswa IPB memberi contoh kepada masyarakat Indonesia, bahwa makan itu tidak mesti dari beras, tapi banyak pangan lain selain beras yang mengandung sumber karbohidrat.
"Maka dari itu, dengan resmi hari ini saya luncurkan beras analog ini, yang diharapkan dapat mencegah krisis pangan di Indonesia. Sebab Indonesia adalah pengkonsumsi beras padi terbesar di dunia," katanya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto berharap, dengan beberapa inovasi yang dihasilkan, khususnya bahan pangan, dapat membantu negara-negara sahabat yang kesulitan.

"Saya mengusulkan agar produksinya dapat ditingkatkan. Dan diharapkan bisa membantu mengurangi konsumsi beras padi setiap tahunnya. Kita punya banyak bahan pangan sumber karbohidrat yang lain. Seperti beras analog ini. Mudah-mudah beras analog inovasi IPB ini bisa lebih memasyarakat lagi. Dan masyrakat mau membeli produk2 yang kita hasilkan sendiri ini," katanya.(dna)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6489 seconds (0.1#10.140)