Proyek jalan Ciasem-Pamanukan dijadikan pilot project PBC

Jum'at, 14 September 2012 - 18:14 WIB
Proyek jalan Ciasem-Pamanukan dijadikan pilot project PBC
Proyek jalan Ciasem-Pamanukan dijadikan pilot project PBC
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Ditjen Bina Marga menjadikan pembangunan jalan nasional diruas Ciasem-Pamanukan, Jawa Barat, sebagai pilot project (proyek percontohan) dengan skema Sistem Kontrak Berbasis Kinerja atau Performance Bases Contract (PBC).

Pejabat Pembuat Komitmen di wilayah Kerawang-Cikampek-Palimanan-Petarukan, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional, Iskandar Kadir mengatakan melalui skema ini perencanaan, pekerjaan konstruksi hingga pemeliharaan jalan menjadi tanggung jawab kontraktor dengan memperhatikan standar pelayanan minimum (SPM).

"Jika pengerjaan tidak sesuai dengan masa kontrak, atau ada ruas jalan yang rusak pada saat masa pemeliharaan, maka pihak kontraktor akan dikanakan sanksi, sanksinya berupa denda pemotongan dari nilai kontrak," kata Iskandar kepada Sindonews.com dalam acara press tour di lintasan Pantura, Jawa Barat, Jumat (14/9/2012).

Dia menjelaskan, masa kontrak pekerjaan proyek jalan Ciasem-Pamanukan yaitu selama 1.000 hari, yakni 450 hari perencanaan dan pekerjaan konstruksi, sisanya pemeliharaan. Setelah kontrak masih ada masa pemeliharaan tambahan selama satu tahun.

"Kontrak konstruksinya dimulai pada April hingga Oktober 2012 mendatang, saat ini masih sesuai rencana yaitu pengerjaan konstruksinya telah 97%, sedangkan untuk layanan 87,5%," jelas dia.

Pengerjaan proyek jalan di ruas Ciasem-Pamanukan ini terbentang sepanjang 18,5 kilometer untuk lintasan ke arah Jakarta. Sedangkan nilai tendernya, yaitu mencapai Rp106,9 miliar dengan tahun jamak selama tiga tahun hingga 2014 mendatang dari 2011.

Selain ruas, Ciasem-Pamanukan, proyek pembangunan jalan di wilayah Pantura (Pantai Utara Jawa) yang juga menggunakan skema PBC yaitu di ruas Demak-Trengguli, Jawa Tenggah, sepanjang 7,68 kilometer yang menhubunkan Semarang-Surabaya. Sedangkan kontraktor kedua proyek tersebut digarap oleh PT Wijaya Karya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5683 seconds (0.1#10.140)