Obama desak parlemen capai kesepakatan soal 'Fiscal Cliff'

Sabtu, 29 Desember 2012 - 11:41 WIB
Obama desak parlemen capai kesepakatan soal Fiscal Cliff
Obama desak parlemen capai kesepakatan soal 'Fiscal Cliff'
A A A
Sindonews.com - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, meminta para pemimpin senat di parlemen segera mencapai kesepakatan menyangkut ‘Fiscal Cilff’, Minggu (30/12/2012) nanti. Menurutnya, langkah itu dilakukan untuk mencegah krisis ekonomi AS yang berkepanjangan.

Pernyataan tersebut disampaikan Obama dalam pidato politiknya usai melakukan pertemuan singkat, Jumat (28/12/2012) waktu setempat, dengan para pemimpin kongres. Presiden mengaku frustrasi dengan lambatnya pembicaraan di parlemen.

"Satu jam dari sekarang kita harus segera melakukan tindakan. Sekarang kita berada pada titik di mana hanya dalam waktu empat hari, tarif pajak setiap orang Amerika akan naik. Kesabaran rakyat Amerika yang menyaksikan kita sudah menipis," ujar Obama dilansir The Guardian.

Orang nomor satu di AS itu telah bertemu dengan juru bicara parlemen, John Boehner dan pemimpin minoritas senat Mitch McConnell, serta dari Partai Demokrat, Nancy Pelosi dan Harry Reid, dengan harapan segera mencapai kesepakatan.

Presiden menggambarkan pertemuan itu berjalan baik dan konstruktif. Namun, jika ada terjadi kesepakatan di parlemen, 88% warga Amerika dipastikan akan melihat pajak mereka naik per 1 Januari 2013. Gelombang pemotongan pengeluaran negara diberlakukan, dan diperkirakan 2 juta warga akan kehilangan pekerjaannya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5649 seconds (0.1#10.140)