Penghematan, Zynga tutup 11 game buatannya

Rabu, 02 Januari 2013 - 17:11 WIB
Penghematan, Zynga tutup 11 game buatannya
Penghematan, Zynga tutup 11 game buatannya
A A A
Sindonews.com - Produsen permainan online ternama Amerika Serikat, Zynga, kembali menutup game buatannya hingga 11 judul, termasuk dua judul game andalannya PetVille dan Mafia Wars 2. Kebijakan ini diambil sebagai langkah strategis untuk mengurangi pengeluaran, mengingat beban kerugian bisnis perseroan kian membengkak.

Anggota bursa New York yang memiliki kode ZNGA ini menghentikan permainan PetVille, yang sudah memiliki pengguna aktif mencapai 1 juta orang hingga Desember lalu. Meskipun terbilang besar, jumlah itu jauh lebih sedikit dibanding pengguna aktif game buatannya yang lain yaitu FarmVille, yang menembus 43,5 juta orang.

"Sedangkan akses ke Mafia Wars 2, yang menaungi sekitar 200 ribu pengguna, juga ditutup karena gagal melanjutkan kesuksesan game prekuel Mafia Wars yang dulu sempat merajai Facebook," ungkap perusahaan seperti dilansir dari NDTV, Rabu (2/1/2013).

11 judul game yang ditutup antara lain Mafia Wars 2, Vampire Wars, ForestVille, FishVille, In place of PetVille, Castleville, Chefville, Farmville 2, Mafia Wars, dan Yoville.

Wacana penghentian layanan game itu sudah diumumkan pada bulan oktober silam. Ketika itu, CEO Mark Pincus dalam blog-nya menulis rencana restrukturisasi bisnis dalam waktu dekat.

Zynga sendiri telah memangkas 5 persen karyawannya, menutup beberapa studio pengembangan game dan hanya terfokus belanja untuk pengembangan game-game yang sudah kondang saja.

Saham Zynga telah anjlok 75 persen sepanjang 2012, sejalan dengan rangkaian kabar buruk yang muncul hingga akhir tahun. Pembelian produsen game OMGPOP senilai USD183 juta juga gagal meningkatkan kinerja keuangan karena pemasukan yang dihasilkan juga tidak begitu bagus.

Salah satu momen krusial datang di bulan November lalu, saat pihak direksi mendepak chief financial officer dan memancang kebijakan efisiensi baru. Di dalamnya termasuk pembatalan kontrak bisnis dengan media sosial Facebook (FB), yang nantinya akan membuka peluang bagi Zynga untuk mencari outlet situs baru bagi game rancangannya.

Meski demikian, kebijakan ini bisa menjadi bumerang karena Zynga seakan memutuskan berkompetisi sendiri. Saham Zynga terakhir kali diperdagangkan pada level USD2.36 atau naik 1,29 persen dibandingkan penutupan sebelumnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5192 seconds (0.1#10.140)