Industri elektronik diprediksi hanya tumbuh 4 persen

Senin, 07 Januari 2013 - 12:03 WIB
Industri elektronik diprediksi hanya tumbuh 4 persen
Industri elektronik diprediksi hanya tumbuh 4 persen
A A A
Sindonews.com - Industri teknologi elektronik di pasar global diperkirakan sejumlah analis hanya akan tumbuh 4 persen, pada 2013. Separuh penjualan diprediksi datang dari perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Berdasarkan survei yang dilakukan Asosiasi Konsumen Elektronik (CEA) dan GFK Research, menjelang pameran teknologi terbesar, International Consumer Electronics Show 2013, penjualan tahun ini diharapkan tembus USD1,1 triliun.

Dilansir Straits Times, Senin (7/1/2013), industri elektronik diterjang pergeseran besar menyusul krisis ekonomi di Eropa. Pada 2012, penjualan yang dicanangkan meningkat lima persen, justru jatuh satu persen.

Pasar di Eropa Barat dan Amerika Utara diperkirakan masih dalam pergolakan, sementara kendali utama pertumbuhan teknologi akan berada di pasar negara berkembang, seperti China.

Steve Bambridge, analis dari GFK Research mengatakan, melihat perekonomian yang masih berada di bawah bayang-bayang resesi akan sulit bagi industri elektronik menaikkan penjualan.

"Kita tidak lagi bicara tentang pertumbuhan dua digit. Kita bicara tentang pemulihan pertumbuhan yang lebih sederhana," kata Bambridge.

Steve Koenig, peneliti dari CEA mengemukakan, produk tablet menjadi bintang pada 2012. Diharapkan tahun ini penjualan naik 50 persen. Namun, untuk televisi dan komputer masih melemah.

"Tablet item yang harus dimiliki Eropa Barat dan Amerika Serikat. Di sisi lain, banyak teknologi lama yang berubah aplikasi. Kami melihat industri hardware secara keseluruhan negatif," ujar Koening.

Penjualan televisi ultra-HD diperkirakan masih akan melambat karena harga yang terlampau mahal. Bahkan, CEA dan GFK memprediksi pasar di AS pada segmen ini hanya akan mencapai lima persen hingga 2016.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5390 seconds (0.1#10.140)