Menkeu janjikan mobil 'Ahmadi' dapat insentif

Rabu, 09 Januari 2013 - 19:29 WIB
Menkeu janjikan mobil Ahmadi dapat insentif
Menkeu janjikan mobil 'Ahmadi' dapat insentif
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo berjanji akan memberikan insentif untuk produksi massal mobil listrik 'Ahmadi' karya Dasep Ahmadi agar harganya bisa terjangkau masyarakat luas.

"Kalau semua kriteria inisiatif Indonesia itu bisa dimiliki, yang pertama industri mesin masuk kategori yang bisa tax holiday," kata Agus usai Rapat Koordinasi Perkembangan Mobil Listrik Nasional di Kemenko Perekonomian, Rabu (8/1/2013).

Selain insentif dalam bentuk tax holiday, Agus menjanjikan pembebasan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPN BM) untuk impor komponen mobil listrik nasional. "Terkait dengan PPN barang mewah kita pun siap untuk mobil listrik. Komponen impornya tidak dikenakan PPN BM," ujarnya.

Menkeu berharap, insentif dalam bentuk tax holiday dan pembebasan PPN BM berdampak positif terhadap kemajuan industri, khususnya mobil listrik di Indonesia. "Dengan begitu, diharapkan mobil listrik betul-betul jadi inisiatif yang berkembang di Indonesia," katanya.

Sebagai catatan, mobil listrik rencananya akan diluncurkan pada perhelatan acara Konferensi Asia Pacific Economic Confederation (APEC) di Nusa Dua, Bali, pada November 2013.

Rencananya, mobil ini akan digunakan seluruh tamu negara yang hadir, kecuali para kepala negara yang ingin memakai mobil dinasnya sendiri.

"Pada acara APEC 2013 di Nusa Dua, kita bertekad akan menggunakan seluruh kendaraan green car. Kita mendorong mobil-mobil listrik ini dapat diwujudkan kecuali kepala-kepala negara tertentu yang membawa mobilnya," jelas Menko Perekonomian Hatta Rajasa.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7623 seconds (0.1#10.140)