DJP fokus tingkatkan kapasitas SDM dan TIK

Rabu, 16 Januari 2013 - 12:31 WIB
DJP fokus tingkatkan kapasitas SDM dan TIK
DJP fokus tingkatkan kapasitas SDM dan TIK
A A A
Sindonews.com - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan terus meningkatkan dan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Direktur Jenderal Pajak, Fuad Rachmany mengatakan, pengembangan kompetensi di DJP difokuskan pada tiga jabatan, yaitu Account Representatives (AR), Penelaah Keberatan (PK) dan Pemeriksa Pajak.

Peran AR dan PK sangat strategis karena berhubungan langsung dengan Wajib Pajak (WP) dalam rangka memberikan pelayanan dan kepastian hukum. Untuk itu, AR dan PK dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai dalam menjalankan tugas-tugasnya.

"Apabila kompetensi AR dan PK sudah baik, maka dengan sendirinya trust dan kewibawaan DJP di mata masyarakat akan semakin meningkat," ujar Fuad dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Fuad menegaskan, DJP akan terus mengembangkan kompetensi para pegawainya, khususnya yang berhubungan langsung dengan wajib pajak.

Menurut Fuad, strategi pengembangan TIK diperlukan dalam rangka pengamanan penerimaan pajak melalui pengawasan kepatuhan dan penggalian potensi pajak terhadap WP secara efektif, terintegrasi dan berkesinambungan.

"Oleh rekan-rekan kita di internal (direktorat jenderal) pajak telah dilakukan pengembangan dan penyempurnaan aplikasi profil Wajib Pajak yang saat ini, di antaranya adalah Aplikasi Profil Berbasis Web (Approweb). Ini merupakan aplikasi untuk mempermudah pengawasan dan penggalian potensi WP," jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7044 seconds (0.1#10.140)