Adhi Karya masih minati proyek monorail

Rabu, 16 Januari 2013 - 18:19 WIB
Adhi Karya masih minati proyek monorail
Adhi Karya masih minati proyek monorail
A A A
Sindonews.com - Keluar dari proyek pembangunan monorail green line dan blue line yang dicanangkan pemerintah provinsi DKI Jakarta, rupanya tak membuat PT Adhi Karya Tbk (ADHI) kehilangan minat pada megaproyek bidang transportasi tersebut.

Buktinya, saat ini perusahaan plat merah tersebut tengah merancang kajian baru pemecahan kemacetan di DKI Jakarta dengan menawarkan alternatif monorail dari kota satelit yang berada di sekitar Jakarta.

"Kami mencoba menyelesaikan kemacetan dari akar masalahnya," ujar Direktur Utama ADHI, Kiswodharmawan di kantor Adhi Karya, Rabu (16/1/2013).

Akar masalah kemacetan yang dimaksud adalah arus kendaraan yang masuk dari kawasan Bekasi dan Cibubur.

Untuk itu, pihaknya berencana membangun jalur monorel yang membentang dari Bekasi Timur dan dari Cibubur. "Kedua jalur monorel tersebut akan menyatu di satu titik di Cawang," sambung dia.

Dirinya memperkirakan Jalur Bekasi Timur-Cawang akan memiliki panjang lintasan monorail mencapai 17,8 kilometer. "Kalau Cibubur-Cawang panjangnya sekitar 13,6 kilometer," imbuhnya.

Selain dua proyek tersebut, Adhi juga berencana melengkapi masterplan pembangunan monorail tersebut dengan membangun satu jalur lagi dengan rute dari Cawang menuju Kuningan.

"Untuk jalur Cawang-Kuningan perseroan akan membangun jalur sepanjang 5,7 km. Monorail ini nantinya akan tersambung ke jalur monorail yang dikerjakan PT Jakarta Monorail," tegas dia.

Perlu diketahui, jelas Kiswo, wilayah Bekasi Timur dan Cibubur menyumbang hampir 50 persen kemacetan di wilayah Jakarta. "Dengan keberadaan monorail yang terintegrasi dengan moda transportasi lain, diharapkan kemacetan dapat dikurangi sebesar 30 persen," tutup dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5698 seconds (0.1#10.140)