Banjir, pemerintah jamin stok pangan aman

Selasa, 22 Januari 2013 - 14:34 WIB
Banjir, pemerintah jamin stok pangan aman
Banjir, pemerintah jamin stok pangan aman
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menuturkan hingga saat ini stok pangan masih aman, meski bencana banjir telah melanda di sejumlah wilayah DKI Jakarta.

"Beras di Bulog memiliki stok 7 bulan. Demikian juga bahan pokok lainnya aman," ujar Hatta di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Masih amannya stok persediaan beras saat ini, kata dia, karena pada akhir tahun 2012 kemarin Bulog memiliki stok lebih dari 2 juta ton beras.

"Hal ini sudah dikoordinasikan ke seluruh provinsi di tanah air. Jadi, apabila ada gangguan karena pasokan, maka Gubernur segera berkoordinasi dengan Bulog. Bulog akan selalu melakukan operasi pasar di seluruh tanah air, stoknya cukup kok," imbuhnya.

Namun, yang menjadi kendala saat banjir adalah pendistribusian bahan kebutuhan pokok yang terhambat. Bahkan meski stok bahan pangan aman, justru masalah transportasi ini yang akan memicu meningkatnya inflasi di bulan Januari.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo memperkirakan inflasi bulan ini dapat mendekati kisaran 1 persen akibat banjir yang melanda Jakarta. “Kalau banjir dimana-mana memang yang paling kita khawatirkan adalah transportasi yang tidak lancar dan ini akan berpengaruh di inflasi nasional,” kata Agus, pekan kemarin.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5636 seconds (0.1#10.140)