Prospek industri rumah sakit masih terbuka

Jum'at, 01 Februari 2013 - 15:49 WIB
Prospek industri rumah sakit masih terbuka
Prospek industri rumah sakit masih terbuka
A A A
Sindonews.com - Pengembangan industri kesehatan dan rumah sakit dinilai memiliki prospek cerah di wilayah DI Yogyakarta. Saat ini, banyak pasien di luar Yogyakarta memilih menjalani perawatan medis di Yogyakarta. Selain biaya lebih murah, fasilitas dan layanannya cukup bagus.

Komisarir RS JIH Yogyakarta, Herry Zudianto mengatakan, saat ini okupansi RS di Yogyakarta baru sekitar 80 persen saja. Jumlah ini masih cukup kurang, dan masih memungkinkan dilakukan penambahan. Idealnya dalam setiap rumah sakit tidak sampai penuh diisi pasien. Sehingga bisa dilakukan sterilisasi terhadap kamar. "Peluang rumah sakit masih cukup terbuka," kata Herry.

Mantan Wali kota Yogyakarta ini melihat keberadaan RS Sardjito memiliki daya tarik tersendiri. Rumah sakit pelat merah bisa menjadi jangkar bagi pengembangan rumah sakit yang lain. Apalagi saat ini banyak pasien dari Kalimantan dan daerah lain di timur yang suka berobat di Yogyakarta.

Kesadaran masyarakat untuk berobat dan memeriksakan kesehatan juga cukup tinggi. Ini tidak lepas dari keberadaan jaminan dan asuransi kesehatan bagi masyarakat. Sedangkan bagi pasien pemegang asuransi, akan menggunakan klaim yang ada.
"Setidaknya untuk checkup, atau periksa gula darah selalu dipakai oleh
pemegang asuransi," tuturnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7666 seconds (0.1#10.140)