Dahlan instruksikan PTPN beri pakan sapi daun sawit

Rabu, 06 Maret 2013 - 14:23 WIB
Dahlan instruksikan PTPN beri pakan sapi daun sawit
Dahlan instruksikan PTPN beri pakan sapi daun sawit
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan memiliki cara brilian agar biaya produksi sapi bisa menjadi sangat murah.

Dahlan menginstruksikan kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) agar menggunakan daun sawit untuk pakan ternak sapi. Sehingga, sapi hasil produksi PTPN menjadi murah karena daun sawit bisa didapatkan secara gratis.

"Daun sawit bisa dijadikan makanan ternak, saya minta seluruh PTPN mengembangkan sapi, karena bisa dikembangkan dengan gratis menggunakan daun sawit," ungkap Dahlan dalam acara Diskusi Carut Marut Impor dan Masa Depan Swasembada Daging Sapi di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Dahlan mengatakan, dengan cara itulah dia terus mendorong PTPN agar dapat mencapai target pemeliharaan 100 ribu ekor sapi pada 2014. "Pada 2014 harus pelihara 100 ribu sapi. Pokoknya harus pelihara sapi, saya enggak peduli," ujarnya.

Namun, mantan Dirut OLN ini mengaku bahwa pengembangbiakan sapi sama sekali tidak mudah. Salah satu kendala terbesar adalah mendapatkan anak sapi.

"Logika saya, karena PTPN punya uang, kesulitan itu pasti bisa dihadapi. Setelah enam bulan, persoalan sesungguhnya ternyata mencari anak sapi tidak gampang. Dari 100 ribu (yang diternak), hanya ditemukan 20 ribu, tidak mudah ternyata," pungkas Dahlan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8752 seconds (0.1#10.140)