Tol Trans Sumatera dibangun tahun ini

Rabu, 06 Maret 2013 - 17:28 WIB
Tol Trans Sumatera dibangun...
Tol Trans Sumatera dibangun tahun ini
A A A
Sindonews.com - Proyek tol Trans Sumatera dari Bakauheni, Lampung sampai dengan Aceh akan dibangun secara bertahap. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hutama Karya ditunjuk sebagai kontraktor proyek ini pembangunan jalan tol sepanjang 2.700 kilometer (km) tersebut.

Demikian seperti disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa usai mengadakan rapat koordinasi (rakor) terkait pembangunan tol Trans Sumatera, yang dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar.

"Penugasan Hutama Karya yang 100 persen milik negara sudah diatur dalam Perpres (Peraturan Presiden). Begitu pun pasal-pasalnya, sehingga kita harapkan dapat mempercepat pembangunan tol tersebut," kata Hatta, Rabu (6/3/2013).

Hatta menjelaskan, sumber pendanaan tol Trans Sumatera ini meliputi penyertaan modal negara (PMN) dan sumber-sumber pembiayaan dari korporasi (corporate action).

"Sumber pembiayaan PMN itu kecil, tidak terlalu besar. Jadi, selain itu (PMN), ada pinjaman berupa pinjaman infrastructure fund, obligasi atau sebagainya," imbuh dia.

Sementara, Hatta mengakui ada ajuan dari Hutama Karya untuk meminta tambahan PMN sebesar Rp5 triliun secara bertahap. Adapun nilai investasi pembangunan tola ini diperkirakan mencapai Rp360 triliun.

Mengenai waktu pembangunannya, Hatta berharap, proyek ini dapat dilaksanakan tahun ini. "Kita laksanakan bertahap, kira-kira 22 tahap mengikuti jalur yang gemuk terlebih dahulu setelah pembebasan lahan usai. Pembebasan lahan di Sumatera relatif jauh lebih mudah dibandingkan di Jawa," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9068 seconds (0.1#10.140)