Menristek bantu pengolahan petani karet

Selasa, 12 Maret 2013 - 20:24 WIB
Menristek bantu pengolahan petani karet
Menristek bantu pengolahan petani karet
A A A
Sindonews.com - Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta mengatakan, salah satu contoh iptek nuklir yang dapat membantu masyarakat, khususnya petani karet di Kabupaten Landak-Mandor, Kalimantan Barat, adalah vulkanisasi latex karet alam menggunakan mesin berkas electron atau electron beam machine (EBM).

"Iradiasi nuklir menggunakan elektron, karena tak menggunakan zat adiktif maka tidak menghasilkan Nitrosamine," kata Gusti dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Selasa (12/3/2013).

Menurutnya, hasil tersebut berbeda dengan pengolahan karet konvensional, masih menggunakan sulfur dan zat adiktif Tetra Thiuram Disulphide, sehingga menghasilkan Nitrosamine.

Selain itu, lanjut Menristek, keunggulan pengolahan karet berbasis electron beam machine adalah mudah didaur ulang dan bersifat ramah lingkungan.

"Dari sisi lingkungan tidak bertentangan dengan AMDAL (Analisis mengenai dampak lingkungan). Kalau dari sisi ekonomi, bisa meningkatkan kesejahteraan petani karet di Landak-Mandor," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5426 seconds (0.1#10.140)