Hatta: Indonesia terancam masuk negara middle income trap

Selasa, 09 April 2013 - 11:44 WIB
Hatta: Indonesia terancam masuk negara middle income trap
Hatta: Indonesia terancam masuk negara middle income trap
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, ada faktor utama yang dapat membuat Indonesia terancam menjadi negara middle income trap (negara berpenghasilan menengah).

"Salah satu faktornya karena Indonesia tidak memiliki kemandirian pangan," ujarnya dalam Musyawarah Nasional (Munas) Apindo di hotel Luwanda, Jakarta, Selasa (9/8/2013).

Dalam konteks tersebut, Politisi asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini menuturkan ada tiga hal penting yang harus diperhatikan. Pertama, ketersediaan pangan, kedua terkait dengan value added, dan ketiga bagaimana meningkatkan logistic cost.

"Logistic cost kita tahun ini persentasinya 14.08 persen. Di negara-negara maju, logistic cost hanya 7 sampai 4 persen. Pada 2014 sebelum diselenggarakannya Asean Economic Community (AEC) harus drop ke angka 10," jelasnya.

Dia mengatakan, bahwa walaupun tren kemiskinan Indonesia mengalami penurunan, namun di tengah situasi global yang diguncang krisis, pertumbuhan yang dikoreksi itu masih normal.

"Namun koreksi terhadap kita masih wajar. Karena yang penting menjaga pertumbuhan berkualitas karena muaranya adalah penurunan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan," pungkas Hatta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7792 seconds (0.1#10.140)