ADB koreksi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Selasa, 09 April 2013 - 14:17 WIB
ADB koreksi pertumbuhan ekonomi Indonesia
ADB koreksi pertumbuhan ekonomi Indonesia
A A A
Sindonews.com - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini berada di level 6,4 persen. Demikian diungkapkan ADB dalam laporan utama outlook-nya, yang diterbitkan hari ini.

Angka 6,4 persen tersebut lebih rendah dibandingkan proyeksi terakhir ADB pada Oktober tahun lalu, di mana ADB pada saat itu memperkirakan ekonomi Indonesia tahun 2013 masih bisa tumbuh 6,6 persen.

Masih lemahnya pertumbuhan ekonomi global menjadi pendorong koreksi tersebut. Bila pada Outlook Oktober tahun 2012, ADB memperkirakan negara industri masih bisa tumbuh 1,5 persen, maka pada Outlook ADB yang dikeluarkan hari ini, Selasa (9/4), pertumbuhan negara industri maju hanya tumbuh 1,0 persen.

Koreksi terbesar diberikan kepada Uni Eropa. Bila pada Oktober 2012, ADB memperkirakan pertumbuhan ekonomi Uni Eropa sebesar 0,5 persen, maka pada outlook kali ini menjadi minus 0,3 persen.

“Didukung oleh konsumsi yang tinggi, investasi yang meningkat dan perdagangan antarnegara yang membaik, momentum pertumbuhan di Asia Tenggara akan terus menguat. Indonesia saat ini berada di jalur uang baik untuk pertumbuhan jangka panjang,” tutur Country Director ADB untuk Indonesia, Jon D. Linborg dalam siaran pers Outlook ADB, Selasa (9/4/2013).

Dibandingkan kawasan lain, Asia terutama Asia Tenggara memang diyakini masih bisa tumbuh tinggi pada tahun ini meskipun kondisi global belum membaik.

Pada tahun ini, negara-negara berkembang di Asia bahkan diperkirakan bisa tumbuh sekitar 6,6 persen. Namun, ADB mengingatkan akan bahaya inflasi tinggi serta resiko politik di China dan Korea Selatan yang bisa mengancam pertumbuhan kawasan tersebut.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6518 seconds (0.1#10.140)