BUMN didemo buruh, Dahlan malah ke DPR

Rabu, 10 April 2013 - 14:02 WIB
BUMN didemo buruh, Dahlan malah ke DPR
BUMN didemo buruh, Dahlan malah ke DPR
A A A
Sindonews.com - Ribuan buruh outsourcing di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) melakukan aksi demonstrasi di depan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sayang, para demonstran tidak dapat menemui orang yang dicarinya, yakni Menteri BUMN, Dahlan Iskan lantaran sejak pagi tadi menyambangi DPR untuk melakukan Rapat Kerja dengan Komisi IX.

"Pak Dahlan sudah dari tadi ada di DPR. Beliau sudah dengar kalau ada demo di Kantor," jelas Kepala Humas BUMN Faisal Halimi saat dikonfirmasi, Rabu (10/4/2013).

Sebelumnya diberitakan, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan sebanyak 15 ribu buruh outsourcing se-jabodetabek hari ini bakal turun ke jalan menyuarakan tiga aspirasi yang menjadi tuntutan kepada pemerintah. Para buruh ini akan menggelar long march menuju empat kementerian sejak pukul 10.00 WIB.

Keempat kementerian yang disambangi ribuan buruh yaitu Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra), Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

"Titik kumpul pukul 10.15 di Bundaran HI, lalu long march ke Kemenkokesra sekitar pukul 11.00-13.30 dan pada pukul yang sama ada buruh yang demo di Kementerian BUMN. Serta dilanjutkan kembali pada pukul 14.00-17.00 di Kemenkes serta Kemenakertrans," jelas Presiden KSPI, Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya.

Kepada pemerintah, buruh menuntut tiga hal. Pertama, implementasi jaminan kesehatan seiring realisasi BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014. Kedua, meminta kepada pemerintah merevisi kebutuhan hidup layak (KHL) sebagai basis penetapan upah minimun dari 60 item di 2012 menjadi 84 item pada 2013.

"Dan terakhir mendesak Dahlan Iskan untuk segera menghapus outsourcing di BUMN, mengingat perusahaan pelat merah seharusnya memberikan contoh yang baik kepada perusahaan lain," tegasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0605 seconds (0.1#10.140)