IDC: Pasar PC Q1 menurun 13 persen

Jum'at, 12 April 2013 - 13:43 WIB
IDC: Pasar PC Q1 menurun...
IDC: Pasar PC Q1 menurun 13 persen
A A A
Sindonews.com - Perusahaan riset IDC melaporkan penjualan komputer personal (PC) dan laptop secara global menurun hingga 13 persen pada kuartal pertama (Q1) 2013.

IDC seakan tidak percaya sistem operasi terbaru dari Microsoft, yakni Windows 8 membantu penurunan. "Pada titik ini tampak jelas bahwa peluncuran Windows 8 tidak hanya gagal memberikan dorongan positif untuk pasar PC, namun telah memperlambat pasar," kata Vice President IDC, Bob O'Donnell seperti dikutip dari digitalspy, Jumat (12/4/2013).

Angka tersebut jauh melampaui penurunan IDC yang diperkirakan sebesar 7,7 persen dan menandakan penurunan secara berturut-turut dan penurunan paling tajam sejak perusahaan mulai menjual pada 1994.

Selain IDC, Gartner juga melaporkan bahwa penurunan penjualan PC pada kuatal pertama tahun ini mencapai 11 persen. Penurunan ini juga dinilai peling signifikan.

Meningkatnya penjualan tablet dan smartphone juga menjadi alasan utama menurunnya pasar PC. Karena tablet dan smartphone mulai disukai dan harga yang lebih murah dari PC.

Windows 8 dirancang dengan perangkat touchscreen untuk memanfaatkan munculnya tablet. Namun, IDC mengklaim bahwa sistem operasi ini telah menimbulkan permintaan PC menurun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0894 seconds (0.1#10.140)