Pameran kerajinan Indonesia terbesar dibuka hari ini

Rabu, 24 April 2013 - 12:37 WIB
Pameran kerajinan Indonesia...
Pameran kerajinan Indonesia terbesar dibuka hari ini
A A A
Sindonews.com - The 15th Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2013 dibuka mulai hari ini sampai lima hari mendatang (24-28 April 2013) di Balai Sidang Jakarta Convention Center.

Pemeran ini dibuka oleh Wakil Presiden Boediono yang didampingi istri, Herawati Bediono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, Wakil Menteri Pendidikan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Acara ini merupakan pameran kerajinan Indonesia terbesar yang digelar rutin setiap tahun sejak 1999 oleh asosiasi eksportir dan produsen kerajinan Indonesia (Asephi) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi didukung beberapa kementerian dan BUMN yang terkait dengan pembinaan pengembangan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM).

Tahun ini, sekitar 1.300 peserta perusahaan kerajinan baik produsen maupun eksportir dari 33 provinsi di Indonesia dan luar negeri yang menempati 1.218 stan.

Mengambil tema sentral from smart village to global market, Inacraft 2013 dimaksudkan untuk memfasilitasi produk kerajinan Indonesia naik ke level internasional. Selain pameran kerajinan Indonesia, acara ini juga diramaikan dengan Inacraft Award, dan gelaran seminar industri kerajinan yang inovatif.

Peserta luar negeri yang bergabung diantaranya Thailand, Iran dan Malaysia. Jumlah pengunjung selama lima hari diperkirakan mencapai 200.000 orang.

"Pengunjung Inacraft tidak hanya berasal dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi saja, banyak pengunjung dari Pulau Jawa seperti Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua," ujar Wapres seperti dilansir dari situs Sekretariat Kabinet, Rabu (24/4/2013).

Transaksi dagang diperkirakan akan meningkat 7,5 persen atau meningkat 7,5 persen lebih besar dibanding tahun lalu yang mencapai Rp203 miliar dengan rincian Rp88 miliar hasil kontak bisnis dan penjualan retail sebesar Rp115 miliar lebih.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)