Pertamina bangun Poskemas di NTT

Kamis, 20 Juni 2013 - 11:11 WIB
Pertamina bangun Poskemas di NTT
Pertamina bangun Poskemas di NTT
A A A
Sindonews.com - Warga perbatasan di Desa Tuabatan, Kecamatan Miomaffo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) kini patut berbangga.

Hal tersebut dikarenakan PT Pertamina (persero) memberikan bantuan dana untuk pembangunan Pos Kesehatan Masyarakat (Poskesmas) untuk kepentingan warga desa setempat.

Pembangunan Poskesmas ini sementara dibangun dengan cara swakelola bersama antara warga setempat secara bergilir, bekerja sama dengan anggota TNI dari Kodim 1618 Timor Tengah Utara di atas lahan seluas 1 hektare (ha) yang dihibahkan langsung para tua adat setempat.

Pembangunan Poskesmas ini dilakukan atas hasil kerja sama TNI dan pihak Pertamina dengan tujuan memberikan fasilitas kesehatan agar masyarakat yang berada jauh dari fasilitas rumah sakit umum bisa langsung berobat di Poskesmas dengan harga terjangkau.

"Pos kesehatan ini akan difasilitasi dengan satu unit mobil ambulans dan peralatan medis lainnya yang modern. Sesuai rencana, pada 5 Juli ini, jika sudah selesai maka kita akan bersama Panglima TNI dan Diretur Pertamina Indonesia Bagian Timur akan datang meresmikan Poskesmas ini," Terang Brigjen Ferdinand Setiawan, Danrem Wirasakti 161 Kupang di Tuabatan, Rabu (19/6/2013).

Ferdinand mengatakan, setelah selesai dikerjakan, Poskesmas ini akan dibantu oleh tim pelayanan medis yang didroping dari tentara dan bantuan tenaga medis dari Pemda setempat. "Sedangkan pihak Pertamina hanya membantu gedung, kendaraan dan alat-alat kesehatan," kata dia.

Ferdianand mengatakan, hanya ada dua Pos Kesehatan di NTT, yakni Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Belu-Atambua. Bantuan ini juga hanya diberikan kepada 15 daerah yang ada di Indonesia sesuai dengan pertimbangan kondisi masyarakat juga strategis wilayah.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6641 seconds (0.1#10.140)