Hindari utang, BUMN dan swasta diminta danai infrastruktur

Senin, 08 Juli 2013 - 14:32 WIB
Hindari utang, BUMN dan swasta diminta danai infrastruktur
Hindari utang, BUMN dan swasta diminta danai infrastruktur
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa akan mendorong BUMN dan swasta untuk mendanai infrastruktur walaupun rasio utang terhadap Gross Domestic Product (GDP) hanya 24 persen.

"Rasio kita masih baik, sekitar 24 persen. Tapi memang sebaiknya enggak tergantung utang dalam membiayai pembangunan kita. Jadi BUMN kita harus didorong, perusahaan swasta juga didorong membiayai infrastruktur," ujarnya di gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Tetapi dia mengaku utang Indonesia per bulan Mei sebesar Rp2.023 triliun sudah di-manage dengan baik. Hatta membuktikannya dengan dimasukkannya Indonesia ke dalam investment grade oleh lembaga pemeringkat internasional.

"Kalau dilihat dari GDP itu, utang kita sudah di-manage dengan baik. Enggak mungkin kita masuk ke investment grade apabila tidak di-manage dengan baik," lanjutnya.

Dia juga mengibaratkan utang Indonesia seperti utang besar di perusahaan yang belum tentu tidak sehat secara rasio.

"Sama dengan sebuah perusahaan besar, utangnya banyak tetapi belum tentu tidak sehat dibandingkan perusahaan yang utangnya kecil tapi revenue-nya kecil sekali," tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6452 seconds (0.1#10.140)