Penjualan PC dunia anjlok selama lima kuartal

Sabtu, 13 Juli 2013 - 16:06 WIB
Penjualan PC dunia anjlok...
Penjualan PC dunia anjlok selama lima kuartal
A A A
Sindonews.com - Penjualan Personal Computer (PC) di seluruh dunia mengalami penurunan selama lima kuartal berturut-turut.

Seperti dikutip dari digitalspy, Sabtu (13/7/2013), penelitian yang dilakukan Gartner menyebutkan bahwa pengiriman PC turun 10,9 persen pada kuartal kedua 2013. Hal ini, menandai "durasi terpanjang dalam sejarah penurunan pasar PC".

Total penjualan PC di seluruh dunia hanya mencapai 76 juta unit yang dikirimkan dari April sampai Juni, karena banyak pengguna beralih ke teknologi tablet.

"Di pasar negara berkembang, tablet murah telah menjadi perangkat komputasi pertama bagi banyak orang, mereka memilih untuk menunda pembelian PC," kata analis Gartner, Mikako Kitagawa.

Menurutnya, keberadaan tablet juga dapat meruntuhkan pasar notebook.
"Sementara Windows 8 telah disalahkan oleh beberapa orang sebagai alasan penurunan pasar PC. Kami percaya ini adalah tidak berdasar karena tidak menjelaskan penurunan berkelanjutan dalam pengiriman PC, juga tidak menjelaskan kinerja pasar Apple," kata Kitagawa.

Lenovo, salah satu yang terkena penurunan paling sedikit, atau hanya turun 0,6 persen dibandingkan periode yang sama 2012. Untuk Asus juga kehilangan sebagian pengiriman, dengan penurunan lebih dari satu juta unit.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4760 seconds (0.1#10.140)