Informasi pembiayaan pertanian masih rendah

Jum'at, 19 Juli 2013 - 15:42 WIB
Informasi pembiayaan pertanian masih rendah
Informasi pembiayaan pertanian masih rendah
A A A
Sindonews.com - Anggota Komite Inovasi Nasional, Bustanul Arifin mengatakan, masalah struktural dari pembiayaan pertanian adalah rendahnya informasi dan sistem komunikasi antara lembaga perbankan dan sektor pertanian.

Selain itu, kata dia masih adanya dualisme pandangan terhadap kesenjangan antara modern-agribisnis skala besar dengan tradisional-pertanian skala kecil.

Menurutnya, diperlukan jalur keuangan pertanian yang lebih baik. Skema-skema baru yang cocok bisa diterapkan. Misalnya dengan resi gudang atau inovasi pembiayaan melalui lembaga non bank khusus ke pertanian.

"Ke depan perlu juga adanya sinergitas antara kebijakan makro dengan praktik-praktik usaha mikro," kata Bustanul dalam rilisnya, Jumat (19/7/2013).

Dia mengatakan, pengadaan infrastruktur pembiayaan untuk pertanian harus terus dikembangkan. Misalnya dengan sistem informasi kredit, mobile banking dan e-money, sampai pada dukungan regulasi untuk bank branching dan akses pasar baru.

Pihaknya juga merekomendasikan, pembangunan infrastruktur fisik pertanian seperti perbaikan jalan, pelabuhan, irigasi, fasilitas gudang penyimpanan dan stasiun cuaca merupakan hal yang harus diperhatikan.

Selain itu, penyuluhan atau konsultasi pertanian serta R&D harus terus dilakukan sebagai bagian dari pengalokasian pembiayaan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7635 seconds (0.1#10.140)