Jelang Lebaran, transaksi penjualan emas naik 30%

Selasa, 23 Juli 2013 - 13:36 WIB
Jelang Lebaran, transaksi penjualan emas naik 30%
Jelang Lebaran, transaksi penjualan emas naik 30%
A A A
Sindonews.com - Transaksi perdagangan emas dan perhiasan di sejumlah toko emas di kota Yogyakarta mengalami peningkatan cukup tinggi. Hal ini menyusul harga emas dunia yang terus menurun.

Kondisi tersebut banyak dimanfaatkan masyarakat memburu emas untuk dipakai pada saat Lebaran. Marketing Toko Emas Hadi Hartono, Nuryuli mengaku, saat ini harga emas hanya sekitar Rp380 ribu per gram.

Padahal, sebelumnya harga emas dunia turun, harga emas masih berada di atas Rp400 ribu per gram. Kini, memasuki pertengahan Ramadan, transaksi penjualan juga mengalami peningkatan.

Banyak konsumen yang membeli untuk kebutuhan emas dan perhiasan untuk kebutuhan Lebaran. "Puasa ini naik 20 hingga 30 persen dibanding sebelum Lebaran tahun lalu," kata Yuli, Selasa (23/7/2013).

Menurutnya, hampir semua jenis emas laris terjual. Baik cincin, gelang, kalung, dan antig-anting. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat akan membeli atau menambah ukuran emas mereka untuk dipakai pada Lebaran.

Kenaikan penjualan juga terjadi di toko emas Kuda Emas yang berada di Jalan Solo, Yogyakarta. Peningkatan penjualan juga berkisar antara 20-30 persen.

Biasanya menjelang Lebaran, transaksi akan semakin tinggi. "Kalau harga kita stabil, justru pembelinya yang meningkat," ujar Ratna, pemilik toko emas tersebut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6529 seconds (0.1#10.140)