Pertamina beli gas dari enam KKKS

Kamis, 05 September 2013 - 16:18 WIB
Pertamina beli gas dari enam KKKS
Pertamina beli gas dari enam KKKS
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) bersama enam Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) menandatangani perjanjian jual beli gas (PJBG) sebanyak 30,5 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

PJBG tersebut digunakan untuk bahan bakar transportasi guna mendukung program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) yang digulirkan pemerintah.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, sesuai dengan Peraturan Presiden No 64 tahun 2012, Pertamina ditugaskan untuk melakukan penyediaan dan pendistribusian bahan bakar berupa Compressed Natural Gas (CNG). Untuk itu, pemerintah telah mengalokasikan pasokan bagi transportasi.

"Untuk itu perlu dilakukan PJBG antara Pertamina dengan para KKKS guna menjamin pasokan gas bagi kebutuhan transportasi tersebut," tutur dia di sela-sela acara penandatangan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) di SPBU Daan Mogot, Jakarta, Kamis (5/9/2013).

Dia menjelaskan, kebutuhan BBG terus meningkat seiring dengan pelaksanaan program konversi dan pembagian konverter kit oleh pemerintah, alokasi gas tersebut diharapkan cukup untuk memenuhi kebutuhan BBG untuk transportasi di wilayah yang ditargetkan, yaitu Jabodetabek, Jawa Timur dan Palembang.

"Untuk menjamin kontinuitas operasional SPBG, kepastian suplai gas merupakan faktor yang utama. Oleh karena itu, sangat diharapkan adanya alokasi-alokasi gas baru untuk sektor transportasi dalam jangka panjang," kata dia.

Penandatanganan PJBG kali ini dilakukan antara Pertamina dan enam KKKS, yaitu PT Pertamina EP, PT Pertamina Hulu Energi ONWJ, PT Pertamina Hulu Energi WMO, PT Medco E&P dan SANTOS Madura Offshore PTY LTD dan JOB Pertamina Talisman-Jambi Merang.

Total volume gas yang akan dipasok sebesar 30,5 MMSCFD dan akan dipasarkan dengan merek Pertamina Envogas, yang saat ini penyalurannya kepada konsumen baru sekitar 4 MMSCFD.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6122 seconds (0.1#10.140)