APP dukung konservasi hutan di Riau

Rabu, 11 September 2013 - 14:02 WIB
APP dukung konservasi hutan di Riau
APP dukung konservasi hutan di Riau
A A A
Sindonews.com - Anak usaha Sinar Mas Group yang memproduksi kertas, Asia Pulp & Paper Group (APP), mendukung konservasi hutan dan marga satwa di wilayah Provinsi Riau.

Director Corporate Affairs and Communications APP, Suhendra Wiriadinata mengatakan, hingga saat ini seluruh pabrik APP telah mendapatkan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Sistem SVLK menciptakan proses lacak balak ketat yang dirancang untuk memastikan bahwa pabrik hanya menerima dan memroses kayu dari sumber-sumber yang legal dan bahwa semua produk kayu yang diekspor dari negara ini dapat dilacak sampai ke titik asalnya yang dapat diverifikasi.

"APP mendukung beberapa inisiatif konservasi utama, termasuk reservasi biosfer seluas 178 ribu hektare (ha) di Giam Siak Kecil, Bukit Batu dan area seluas 106 ribu ha untuk konservasi Harimau Senepis," kata dia usai jumpa pers penyelenggaraan Sinar Dunia Cup 2013, di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Dia menjelaskan, kedua area tersebut berada di provinsi Riau, Sumatera. Inisiatif APP lainnya di bidang suaka margasatwa mencakup dukungan terhadap program Orangutan Kutai di Kalimantan dan konservasi Badak Jawa (Javan Rhino) di Taman Nasional Ujung Kulon.

APP adalah payung merek untuk produk-produk kertas yang diproduksi sejumlah pabrik di Indonesia seperti PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills, PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industries, PT Ekamas Fortuna, PT Purinusa Eka Persada dan PT The Univenus.

Kantor utama APP berlokasi di Indonesia dan produk-produknya telah dipasarkan ke lebih dari 120 negara. Sebagian besar fasilitas produksi APP mendapatkan sertifikasi Lacak Balak dari LEI dan PEFC.

Sinar Dunia Cup 2013 adalah Turnamen yang memperebutkan Piala Gita Wirjawan ini sudah dimulai di Jakarta dan Bali pada April, Pekanbaru dan Solo pada Mei, serta Bandung pada Agustus. Selanjutnya, Manado menjadi kota berikutnya yang menjadi tuan rumah SIDU CUP 2013, dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 14 September di GOR Arie Lasut.

Pada 2010 hadiah disediakan sebesar Rp60 juta dan pada tahun ini menjadi total Rp1 miliar. Sedangkan peserta dari 650 siswa pada 2010 menjadi hampir 6.000 pada 2012 dan ditargetkan akan diikuti 10 ribu peserta pada 2013.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8299 seconds (0.1#10.140)