Indonesia harus lepas dari ketergantungan impor

Selasa, 01 Oktober 2013 - 11:34 WIB
Indonesia harus lepas dari ketergantungan impor
Indonesia harus lepas dari ketergantungan impor
A A A
Sindonews.com - Kemajuan Indonesia sekarang ini masih belum bisa lepas dari campur tangan negara lain, karena itu kedepan Indonesia harus lebih mandiri untuk memajukan bangsa sendiri.

Guru besar Universitas Indonesia (UI), Dody Susanto mengatakan, ketergantungan itu bisa membuat Indonesia dikucilkan negara lain. "Indonesia diberharap menjadi bangsa yang mandiri dalam berbagai aspek dan tidak mudah didikte, dipengaruhi apalagi dilecehkan dalam hal ekonomi, politik, dan hankam," kata pria yang juga Staf Ahli KSAD Bidang Pancasila ini di Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Selain itu, Dody mengatakan, seyogyanya Indonesia membuat karya sendiri ketimbang mengandalkan impor. Maka kemajuan bangsa ini ada di tangan anak muda sebagai penerus.

"Kita harus bersatu melakukan tindakan yang berdaulat dengan berkarya membuat produk dalam negeri dari anak bangsa. Anak muda saat ini harus yang memegang kedaulatan bangsa ini," ujarnya.

Dia berharap, bangsa Indonesia membangun ekonomi yang pancasila untuk mencapai cita-cita Indonesia dan kesejahteraan rakyat secara keseluruhan.

Selain itu, Dody juga mengatakan, sistem ekonomi yang berdasar pancasila berbeda dengan sistem ekonomi liberal yang hanya menguntungkan perorangan ketimbang orang banyak.

"Kalau kita tidak bangun pola berpikir membuat ekonomi berbasis pancasila, maka ekonomi kita akan terpuruk. Sebab, kita dua kali telah dijajah dengan konsep ekonomi yang liberal," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6199 seconds (0.1#10.140)