Pemerintah siap pertahankan trend positif ekonomi RI

Rabu, 09 Oktober 2013 - 13:28 WIB
Pemerintah siap pertahankan trend positif ekonomi RI
Pemerintah siap pertahankan trend positif ekonomi RI
A A A
Sindonews.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan bahwa Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengeluarkan pernyataan terkait dua indikator penting dalam perekonomian yang menyangkut defisit perdagangan dan inflansi.

“Data BPS menunjukkan bahwa dalam perdagangan kita dari migas dan non-migas telah mengalami surplus. Trend ini akan kita pertahankan, karena perhatian pemerintah saat ini adalah defisit dari current account,” kata Hatta dilansir dari laman Setkab, Rabu (9/10/2013).

Sebagaimana diketahui, dalam rilisnya awal bulan ini, BPS mengumumkan bahwa pada bulan September 2013 terjadi deflasi sebesar 0,35 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 145,74.

Sementara itu, neraca perdagangan pada Agustus 2013 juga telah mencatat angka surplus. Nilai ekspor Indonesia pada Agustus 2013 mencapai 13,16 miliar dollar AS, sedangkan nilai impor pada bulan yang sama mencapai 13,03 miliar dollar AS.

Dengan demikian pada Agustus 2013, terjadi surplus perdagangan sebesar 132,4 juta dollar AS, jauh meningkat dibanding transaksi Juli 2013 yang mencatat defisir sebesar 2,31 miliar dollar AS.

Hatta menjelaskan, pemerintah akan terus berupaya mengendalikan inflasi dibawah 9 persen, termasuk menjaga supply and demand, dan juga harga-harga.

“Bank Indonesia telah mengumumkan bahwa cadangan devisa Indonesia mengalami kenaikan 2 miliar dollar AS, yaitu kini tercatat menjadi 95 miliar. Ini merupakan sentiment yang positif,” ujar Hatta.

Menurut Hatta, pemerintah akan terus melakukan upaya agar ekonomi kita berjalan dengan baik, untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatnya angka kemiskinan.

“Pemerintah berupaya menjaga pertumbuhan ekonomi yang telah dikoreksi menjadi 6.3% dengan mengutamakan stabilitas dan pertumbuhan di angka yang realistis,” pungkas Hatta.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6731 seconds (0.1#10.140)