Reksa dana pendapatan tetap berpeluang positif

Rabu, 06 November 2013 - 11:02 WIB
Reksa dana pendapatan...
Reksa dana pendapatan tetap berpeluang positif
A A A
Sindonews.com - Kinerja rata-rata reksa dana pendapatan tetap berdasarkan imbal hasil (return) hingga akhir Oktober 2013 tercatat minus 1,53 persen, namun diperkirakan masih memiliki peluang untuk positif di akhir tahun ini.

Berdasarkan data PT Infovesta Utama, kinerja reksa dana pendapatan tetap di bawah reksa dana lainnya. Tercatat, kinerja reksa dana saham pada periode yang sama sebesar 2,5 persen dan campuran sebesar 3,25 persen. Sedangkan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencapai 4,49 persen.

Sementara itu, minusnya kinerja reksa dana pendapatan tetap seiring turunnya kinerja obligasi pemerintah yang tercatat minus 4,03 persen. Jika dibanding periode yang sama tahun lalu, kinerja reksa dana pendapatan tetap pada akhir Oktober 2012 tercatat sebesar 5,72 persen, dimana kinerja obligasi pemerintah mencapai 6,48 persen.

Analis PT Infovesta Utama Vilia Wati mengatakan, meski kinerja reksa dana pendapatan tetap di bawah reksa dana lainnya, namun masih memiliki peluang untuk positif di akhir 2013.

"Menurut kami, ada peluang bagi reksa dana pendapatan tetap untuk menutup kinerja akhir tahunnya dengan angka positif, meski tidak terlalu tinggi," kata dia kepada Sindonews, belum lama ini.

Infovesta sebelumya sempat merevisi kinerja reksa dana pendapatan tetap hingga penghujung tahun ini menjadi 2-3 persen dari sebelumnya 5-7 persen. Hal ini dilakukan lantaran kondisi ekonomi yang berubah signifikan dibanding prediksi awal tahun.

Vilia menjelaskan, sentimen yang akan mendorong positifnya kinerja reksa dana pendapatan tetap pada penghujung tahun ini adalah membaiknya obligasi pemerintah atau surat utang negara (SUN) dan aliran dana asing ke SUN yang kembali meningkat sejak September 2013.

"Selain itu, juga tingkat inflasi yang mulai melandai juga menjadi sedikit sentimen positif bagi pasar SUN," ujarnya.

Sementara itu, meski kinerja reksa dana pendapatan tetap hingga akhir bulan ke-10 tahun ini minus, namun ada beberapa produk reksa dana pendapatan tetap yang diriset PT Infovesta berhasil membukukan kinerja di atas IHSG, diantaranya:

1. Syailendra Fixed Income Fund dengan return 11,22 persen
2. Tugu Mandiri Mantap dengan return 6,69 persen
3. Pasific Fixed Fund dengan return 6,16 persen
4. Simas Danamas Mantap Plus dengan return 5,96 persen
5. Mega Asset Mantap dengan return 5,96 persen
6. Danamas Stabil dengan return 5,8 persen
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0658 seconds (0.1#10.140)