Pertagas akan suplai pasokan gas ke KEK Sei Mangkei

Jum'at, 08 November 2013 - 12:39 WIB
Pertagas akan suplai pasokan gas ke KEK Sei Mangkei
Pertagas akan suplai pasokan gas ke KEK Sei Mangkei
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya PT Pertamina Gas (Pertagas) berencana memasok pipa gas untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Sumatera Utara (Sumut).

Direktur Utama Pertagas, Hendra Jaya mengatakan, pihaknya telah menandatangani kontrak pembangunan pipa gas sepanjang 175 km yang merupakan tambahan dari proyek pipa gas Arun-Belawan dengan PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

"Kita tadi pagi sudah tanda tangan kerja sama, di mana Pertagas akan suplai gas sebesar 75 mmbtu ke Sei Mangkei. Ini merupakan bagian dari program Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian," jelasnya di Gedung Pertamina, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Hendra mengaku pembangunan pipa gas tersebut masih menunggu beroperasinya pipa dari kilang Arun di Aceh menuju Belawan, Medan sepanjang 340 km yang akan beroperasi pada 2014.

"Investasi Arun Belawan sendiri memakan biaya USD400 juta, dengan ukuran pipa 24 inchi dari lokasi terminal gas Arun sampai dengan Belawan," ujarnya.

Dia juga menjelaskan pasokan gas ke Belawan diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan gas PT PLN (Persero) dan juga banyak industri di Medan dan sekitarnya.

"Untuk suplai gas, selain dari ladang Pertamina, kita juga membeli dari Blok A milik Medco Energy," pungkas Hendra.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6659 seconds (0.1#10.140)