Pegadaian-BNI kerja sama fasilitas remittance

Kamis, 14 November 2013 - 18:41 WIB
Pegadaian-BNI kerja sama fasilitas remittance
Pegadaian-BNI kerja sama fasilitas remittance
A A A
Sindonews.com - PT Pegadaian (Persero) dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) melakukan perjanjian kerja sama untuk penyaluran kiriman uang (reminttance). Hal ini dilakukan seiring berkembangnya layanan kiriman uang tunai.

Direktur Utama Pegadaian, Suwhono mengatakan dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat memudahkan para nasabah yang bekerja di luar negeri untuk mengirim uang kepada keluarga hingga ke pelosok. Pasalnya, outlet Pegadaian tersedia hingga ke pelosok Indonesia.

"Outlet kita ada 4.635. Yang sudah terkoneksi dengan BNI ada 1.500, akhir tahun 2.200, dan pada Maret 2014 sudah terkoneksi semua," kata Suwhono dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Suwhono menuturkan produk yang dikenalkan oleh Pegadaian kepada masyarakat adalah salah satunya produk milik BNI, yakni BNI Smart Remitance yang digunakan dalam transaksi kiriman uangm baik untuk pengiriman ataupun pembayaran dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya, di dalam wilyah Indonesia.

Suwhono menjelaskan, ruang lingkup perjanjian ini adalah Pegadaian sebagai agen pengirim sekaligus sebagai agen pembayar. Untuk setiap transaksi yang dilakukan, Pegadaian menerima jasa dengan besaran yang disepakati kedua belah pihak.

"Kerjasama ini secara formal berlangsung 3 tahun. Namun kita berharap bisa selamanya. Kerjasama ini akan menghasilkan berbagai produk layanan," tuturnya.

Direktur Tresuri dan Financial Institutions BNI Adi Setianto menambahkan potensi bisnis remitansi di Indonesia juga masih sangat besar, terbukti dari data BNP2TKI terdapat lebih dari 4 juta TKI di luar negeri. Transaksi kiriman uang tunai dari luar negeri ke dalam negeri yang didominasi oleh TKI yang bersifat unbankable menjadi salah satu latar belakang agar transaksi remitansi tetap bisa dilakukan tanpa mengharuskan nasabah datang ke bank.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4886 seconds (0.1#10.140)