Pertamina mulai garap cadangan gas di Tuban

Kamis, 21 November 2013 - 11:30 WIB
Pertamina mulai garap cadangan gas di Tuban
Pertamina mulai garap cadangan gas di Tuban
A A A
Sindonews.com - Temuan cadangan hidrokarbon sebesar 150 billion SCF di Kabupaten Tuban mulai digarap. Penggarapan sumur Sumber I di Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban di kelola oleh Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ).

General Manajer (GM) JOB PPEJ, Eddy Frits Dominggus mengatakan, pengeboran sumur Sumber I itu telah memakan waktu 107 hari dengan kedalaman sekitar 7.760 ft. Jarak itu lebih dangkal dari perkiraan sebelumnya dengan kedalaman 9.000 ft.

Temuan ini merupakan salah satu eksplorasi penghasil gas terbesar di Pertamina tahun 2013. Diperkirakan, dalam sumur tersebut terdapat cadangan gas sebasar 150 billion SCF (South Cantenbury Finance) gas.

"Cadangan gas ini merupakan terbesar di 2013 sekitar 150 billion SCF gas. Dimungkinkan jumlah tersebut bisa bertambah. karena masih akan dilakukan deliniasi untuk mengetahui batas-batas reservoar-nya," kata Eddy di Surabaya, Kamis (21/11/2013).

Delinasi ini, kata dia, akan dilakukan untuk mengetahui jumlah pasti cadangan hidrokarbon. Pengeboran delinasi ini lebih cepat dari pengeboran sumur Sumber I karena sudah mendapatkan data-data parameter bor cukup lengkap.

"Berdasarkan pengalaman pengeborasn sebelumnya, bor delinasi ini butuh waktu sekitar satu bulan. Selain gas, kemungkinan ada cadangan minyaknya," kata dia.

Eddy juga mengaku berterima kasih kepada masyarakat Tuban atas susksesnya pengeboran di sumur Sumber I oleh pihak JOB PPEJ. Masyarakat di sekitar lokasi pengeboran telah mendukung sehingga berjalan lancar.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak atas kondusifnya pengeboran di sumur Sumber I ini. Ternyata kita punya satu pemahaman sama bahwa migas adalah tulang punggung bagi perekonomian nasional," ujarnya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husain berharap, temuan cadangan Hidrokarbon ini membuka peluang masuknya investor ke Tuban. Selain itu, dapat membawa manfaat bagi rakyat Tuban.

"Keberadaan potensi gas ini membuka peluang masuknya investor baru yang akan membawa Tuban lebih maju dan menjejahterakan masyarakat," katanya. Dia juga mengajak, semua pihak untuk mendukung kegiatan JOB PPEJ dalam kegiatan mengeksplorasi cadangan migas.

"Kami juga akan membantu untuk mendatangkan investor agar gas bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan Kabupaten Tuban," katanya.

Dalam kesempatan yang sama JOB PPEJ juga membagikan 673 sepatu untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) yang berada di tiga desa dan juga buku bacaan tentang sience untuk sekolah dasar. Diantaranya, SDN Sambonggede I, SDN Sambonggede II, SDN Sumber I, Kecamatan Merakurak, dan SDN Sekardadi I, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3414 seconds (0.1#10.140)