Indeks manufaktur China naik jadi 51,4

Minggu, 01 Desember 2013 - 14:13 WIB
Indeks manufaktur China naik jadi 51,4
Indeks manufaktur China naik jadi 51,4
A A A
Sindonews.com - Indeks Manufaktur China pada November 2013 tumbuh lebih dari perkiraan analis. Ini menunjukkan pemulihan ekonomi China dalam mempertahankan momentum di tengah upaya pemerintah untuk mengekang pertumbuhan kredit.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (1/12/2013), Biro Statisik Nasional (NBS) mengatakan, Indeks Manajer Pembelian (PMI) China pada November naik menjadi 51,4 dan merupakan yang tertinggi dalam 18 bulan dan melebihi 24 dari 26 perkiraan dalam survei Bloomberg News.

Stabilitas pertumbuhan manufaktur di ekonomi terbesar kedua di dunia mungkin memberikan Premier Li Keqiang lebih banyak ruang untuk menerapkan perubahan kebijakan setelah pertemuan Partai Komunis bulan lalu.

Sementara, investasi industri mengambil dan penjualan ritel meningkat 13 persen sejauh tahun ini, China menghadapi headwinds yang meliputi kelebihan kapasitas industri, utang korporasi yang berlebihan dan permintaan ekspor lebih lambat.

"Ini adalah berita bagus bagi para pembuat kebijakan sebagai perlambatan pertumbuhan yang diharapkan muncul cukup ringan," kata Shen Jianguang, Kepala Ekonom Asia di Mizuho Securities Asia Ltd di Hong Kong.

"Sebagai pembuat kebijakan dapat yakin pertumbuhan lebih dari 7,5 persen, perhatian sekarang kuat pada reformasi," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5999 seconds (0.1#10.140)