SBY pimpin ratas ekonomi di Cipanas

Senin, 02 Desember 2013 - 17:09 WIB
SBY pimpin ratas ekonomi...
SBY pimpin ratas ekonomi di Cipanas
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terus mengikuti perkembangan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

Dalam mengantasi perkembangan ekonomi dunia, menyusul rencana Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Fed yang mengeluarkan kebijakan tapering off, SBY menggelar rapat terbatas (ratas) kabinet di Istana Cipanas, Jawa Barat, hari ini.

Rapat dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menteri Keuangan Chatib Basri, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto, dan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung.

Melalui akun twitternya, @SBYudhoyono yang diunggah satu jam yang lalu, SBY mengaku terus mengikuti pergerakan rupiah. "Langkah pemulihan ekonomi dievaluasi agar daya tahan ekonomi makin kuat," kata SBY seperti dikutip dari situs Setkab, Senin (2/12/2013).

Sementara, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, dalam rapat tersebut, Presiden SBY meminta di update dan meminta pandangan serta saran untuk mengatasi masalah ekonomi Indonesia menyusul melemahnya nilai tukar rupiah terhadap USD.

"Tadi dilaporkan kepada Presiden mengenai langkah yang akan diambil apabila kebijakan (trapering off) tersebut benar dikeluarkan," ungkap Julian.

Meski hingga saat ini masih belum ada kepastian mengenai kebijakan menarik dana likuiditas oleh AS, menurut Julian, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah yang akan diambil.

"Tapering off belum pasti ke arah sana, masih tergantung situasi ekonomi Amerika. Tadi telah dibahas apa yang akan kita lakukan jika AS mengimplementasikan kebijakan tersebut karena dampaknya memang sangat luas," pungkas Julian.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9982 seconds (0.1#10.140)