Menhub ngaku sering kena delay pesawat

Selasa, 03 Desember 2013 - 18:06 WIB
Menhub ngaku sering kena delay pesawat
Menhub ngaku sering kena delay pesawat
A A A
Sindonews.com - Menteri Perhubungan (Menhub), EE Mangindaan mengakui sering terkena delay. Namun, pihaknya memaklumi karena memang jadwa penerbangan di Indonesia padat.

"Ya menteri saja kena delay kok, karena memang padat," kata Mangindaan seusai membuka Ramp Safety Campaign 2013 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (3/12/2013).

Karena itu, solusi untuk mengatasi hal tersebut dalam waktu dekat, pihaknya akan mengalihkan sebagian ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Namun, semua sifatnya sementara dan hingga saat ini pihak TNI-AU bersama Angkasa Pura II masih menunggu kesiapannya.

"Kami telah proses ke BUMN, sampai saat ini masih menghitung berapa persen yang akan dialihkan dari Soekarno-Hatta. Sebab, di sana selain dipakai latihan TNI juga digunaan untuk flying school," ujarnya.

Selain itu, Bandara Halim Perdanakusuma juga ada carter flights, di mana banyak pesawat carteran diparkir di bandara tersebut. "Tetapi kita minta sebanyak mungkin. Kami dapat informasi mereka latihan sejak pukul 08.00-12.00 WIB. Di luar itu mungkin bisa kita pakai. Paling tidak sedikit teratasi," katanya.

Sementara, berdasarkan rencana pengembangan Terminal 3 akan berakhir di penghujung 2014. Saat ini direncanakan kereta api akan masuk ke Bandara Soekarno-Hatta. "Sekarang sudah sampai di Duri. Tinggal 2,5 kilo untuk bisa masuk di sini. Kepadatan di airport pun harus kita pikirkan," ucap Mangindaan.

Menhub juga mengakui, Bandara Soekarno-Hatta membutuhkan satu lagi runway. Namun, belum tahun di mana untuk dibangun. Ada beberapa alternatif yang mau diambil, hanya saja saat ini harga tanah sangat mahal.

"Kalau tidak ada halangan akan kita bangun di Karawang. Di sana ada pelabuhan, ada industri besar, jadi bisa menjadi satu kompleks, sehingga tidak padat hanya di sini saja," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4813 seconds (0.1#10.140)