Indonesia harus waspadai middle income trap

Jum'at, 06 Desember 2013 - 16:29 WIB
Indonesia harus waspadai middle income trap
Indonesia harus waspadai middle income trap
A A A
Sindonews.com - Indonesia diharapkan untuk serius berbenah secara struktural agar dapat keluar dari jebakan middle income trap (jebakan negara kelas menengah).

Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengimbau agar pemerintah serius memikirkan hal ini karena alih-alih sukses, telah banyak negara yang gagal keluar dari middle income trap daripada yang berhasil menjadi negara maju.

"Lebih banyak negara yang gagal keluar dari middle income trap daripada berhasil. Karena itu kita harus serius," ujar Bambang di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (6/12/2013).

Bambang mengungkapkan saat ini ada empat negara berkembang besar yang punya potensi keluar dari middle income trap dan menjadi negara maju, Indonesia salah satunya selain China, Brazil, dan India.

Dia meranking China memiliki potensi besar untuk keluar dari jebakan tersebut dan menjadi negara maju karena kenaikan pendapatan per kapita penduduknya cukup signifikan setiap tahun. "Sedangkan India yang paling susah, kita kedua dan Brazil yang ketiga," lanjut Bambang.

Bambang menerangkan, Indonesia harus melihat Korea Selatan yang menjadi contoh bagaimana sebuah negara keluar dari jebakan negara menengah tersebut paling cepat.

"Kita masih punya harapan selama kita bisa melakukan dalam skala sebanding atau melihat strategi Korsel," tandas Bambang.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6493 seconds (0.1#10.140)