Ada workshop sutra di Adiwastra Nusantara 2014

Kamis, 20 Februari 2014 - 11:13 WIB
Ada workshop sutra di...
Ada workshop sutra di Adiwastra Nusantara 2014
A A A
Sindonews.com - Selain kegiatan pameran, Adiwastra Nusantara 2014 akan diisi dengan kegiatan workshop serikultur guna menumbuhkembangkan sutera alam Indonesia.

Workshop yang terbuka untuk umum tersebut akan mengundang para pakar sutera dari Indonesia, Thailand, China, dan UNESCO dan akan dihadiri antara lain oleh para petani budidaya ulat sutera, industri pemintalan dan penenunan sutera, pengusaha kriya tekstil, serta peneliti.

Selain workshop, juga akan dilaksanakan kompetisi penenunan sutera Indonesia yang terbuka bagi para perajin, pengusaha, desainer, dan kolektor kain sutera. Lomba tersebut diharapkan dapat menumbuhkan bakat-bakat baru di bidang desain dan teknik produksi pertenunan berbahan sutera, serta meningkatkan daya saing sutera alam Indonesia di pasar global.

Pada pelaksanaan pameran kali ini, selain menampilkan ikon paviliun, Kementerian Perdagangan juga mendukung pelaksanaan kompetisi penenunan sutera Indonesia.

"Kementerian Perdagangan sangat mendukung upaya pengembangan produk dan sumber daya manusia (SDM) berorientasi ekspor. Melalui workshop dan lomba tersebut, diharapkan para perajin dan desainer sutera akan mendapatkan ide dan sudut pandang baru yang memacu kreativitas dan inovasi mereka di masa mendatang," jelas Direktur Jenderal PEN, Nus Nuzulia Ishak dalam rilisnya, Kamis (20/2/2014).

Lebih lanjut, Nus menyampaikan, UKM Indonesia harus selalu bergerak dan berpikir kreatif untuk mengantisipasi perubahan selera pasar lokal maupun pasar dunia.

"Hal itu sebagai persiapan menghadapi perdagangan bebas, di antaranya ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015, yang akan membuka peluang sekaligus tantangan pasar yang cukup tinggi," imbuhnya.

Dirjen PEN juga mengimbau para perajin dan UKM wastra nusantara untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya agar dapat memenangkan persaingan tersebut.

"Persaingan yang semakin ketat tidak boleh melemahkan semangat berinovasi, justru harus lebih mendorong semangat dalam menghasilkan produk-produk yang diminati pasar global maupun lokal," katanya.

Peserta yang berpartisipasi pada Adiwastra Nasional 2014 yang mencapai 450 UKM wastra. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan pada tahun lalu sebanyak 410 UKM.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen PEN menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan baik demi suksesnya penyelenggaraan acara ini. "Semoga pelaksanaan ke depan lebih meriah, sukses, dan memenuhi harapan semua pihak,” pungkas Nus.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8484 seconds (0.1#10.140)