RI siap pamerkan 29 jenis kopi di AS

Rabu, 23 April 2014 - 19:23 WIB
RI siap pamerkan 29...
RI siap pamerkan 29 jenis kopi di AS
A A A
Sindonews.com - Indonesia akan memamerkan 29 jenis kopi, termasuk kategori specialty coffee di Specialty Coffee Association of America (SCAA) ke-26, yang akan berlangsung pada 24-27 April 2014 di Seattle Amerika Serikat (AS).

"Berdasarkan data yang kami miliki, jumlah uang yang dibelanjakan untuk specialty coffee di AS setiap tahun USD18 miliar. Peminum kopi di AS mencapai 100 juta orang setiap hari. Ini menunjukkan pasar komoditas kopi di AS cukup besar dan potensial," ujar Atase Perdagangan di Washington, D.C, Ni Made Ayu Marthini dalam rilisnya, Rabu (23/4/2014).

Menurutnya, tidak hanya menampilkan biji kopi, dalam kesempatan ini Indonesia juga akan mengadakan acara cupping session untuk menguji cita rasa, aroma, dan spesifikasi kopi Indonesia.

Selain itu, selama pameran berlangsung, Indonesia juga akan mempertunjukkan cara penyajian tradisional (seduh) kopi tarik dari Aceh dan kopi Kahwa dari Sumatera Barat.

Dalam acara tersebut, beberapa jenis specialty coffee dari enam daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Flores, Bali, Sulawesi, Dan Papua akan dibagikan kepada para pengunjung yang hadir.

"Paviliun Indonesia juga mengundang para petani kopi dari Gayo, Aceh untuk hadir dalam pameran ini agar dapat menjelaskan secara langsung proses produksi kopi mereka kepada para pengunjung atau buyers yang hadir. Jika berhasil meningkat, perdagangan specialty coffee ini pada akhirnya akan menguntungkan para petani, dan meningkatkan kesejahteraan mereka," jelas dia.

Dalam pameran ini, produsen specialty coffee Indonesia difasilitasi atas kerja sama Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui kantor Atdag di Washington, D.C., Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago Dan Los Angeles, Kementerian Pertanian (Kementan), Atase Pertanian di Washington D.C., serta Konsulat Jenderal RI (KJRI) di San Fransisco.

Sekedar Informasi, impor kopi AS dari Indonesia pada 2013 mencapai USD290 juta atau 5,45 persen dari impor kopi AS di seluruh dunia. Pasar AS masih saat ini didominasi kopi asal Brasil dengan pangsa pasar 20,32 persen dan Kolombia sebesar 17,47 persen.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9425 seconds (0.1#10.140)