Cakra Mineral Gandeng Perusahaan China Bangun Smelter

Selasa, 17 Juni 2014 - 11:42 WIB
Cakra Mineral Gandeng Perusahaan China Bangun Smelter
Cakra Mineral Gandeng Perusahaan China Bangun Smelter
A A A
JAKARTA - PT Cakra Mineral Tbk (CKRA) melakukan kerja sama dengan perusahaan tambang asal China untuk membangun pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

Perseroan dan Zhe Jiang Baoli Mining Co Ltd telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dalam rangka kerja sama pembangunan smelter pada pekan lalu.

Dalam nota kesepahaman tersebut, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan mineral, perdagangan, perindustrian, perhubungan dan penanaman modal dan Zhe Jiang Baoli Mining akan melakukan kerja sama membangun smelter ferronikel (FeNi) di wilayah Indonesia.

"Segala syarat dan kondisi terkait pelaksanaan nota kesepahaman tersebut akan diatur lebih lanjut dalam suatu perjanjian kerja sama yang akan ditandatangai oleh perseroan dan Zhe Jiang Baoli Mining," kata Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan CKRA Dexter Sjarif Putra dalam keterangannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (17/6/2014).

Langkah ini dilakukan lantaran kebijakan pemerintah yang akan menghentikan kontrak karya (KK) bagi perusahaan tambang di Indonesia yang tidak membangun smelter. Sementara pemerintah akan memberikan keringanan bea keluar barang mineral bagi perusahaan tambang yang membangun smelter.

Kementerian Perindustrian pada awal bulan ini menyatakan, ada delapan investor asal China siap menanamkan modal di Indonesia untuk proyek smelter nikel dengan investasi mencapai USD4 miliar atau Rp47,2 triliun (kurs Rp11.800). Pabrik smelter tersebut rencananya akan dibangun di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6638 seconds (0.1#10.140)