Bandara Makassar Akan Terapkan Silent Airport

Jum'at, 27 Juni 2014 - 10:36 WIB
Bandara Makassar Akan Terapkan Silent Airport
Bandara Makassar Akan Terapkan Silent Airport
A A A
MAROS - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan mulai 1 juli 2014 akan menerapkan konsep silent airport.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Rachman Syafrie, konsep silent airport ini merupakan konsep yang mengubah pola pengumuman (announcement). Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kebisingan akibat banyaknya pengumuman yang disiarkan di terminal bandara.

Selain itu, kata Rachman, silent airport juga bertujuan untuk mengubah kebiasaan dan memberikan pelajaran para penumpang untuk membaca informasi yang tertera di boarding pass.

"Dengan sistem silent airport ini, calon penumpang diminta untuk memperhatikan layar informasi penerbangan. Karena sudah tidak ada lagi pemanggilan bagi penumpang," kata dia dalam jumpa pers di Kantor AP di Bandara Lama, Mandai Maros, Jumat (27/6/2014).

Dia menambahkan, konsep silent airport ini bukan berarti meniadakan seluruh pengumuman di bandara internasional. Namun lebih mengurangi pengumuman yang ada.

"Jika umumnya dalam satu penerbangan ada tujuh jenis pengumuman, maka dalam konsep silent airport ini nantinya hanya ada tiga jenis pengumuman yang akan disiarkan, yaitu boarding call atau panggilan untuk penumpang yang belum masuk pesawat dan pengumuman lainnya," jelasnya.

Sebelum menerapkan sistem silent airport pada 1 juli mendatang, Angkasa Pura I telah melakukan beberapa kegiatan sosialisasi, seperti melakukan benchmarking ke Bandara internasional Juanda, Surabaya yang telah melakukan konsep ini terlebih dulu.

"Kami ingin semuanya berjalan smooth dan lancar sebelum hari H pelaksanaan konsep ini nanti. Makanya kami akan melakukan sosialisi melalui media," ujar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4334 seconds (0.1#10.140)