Kinerja Reksa Dana Saham Lampaui IHSG

Minggu, 10 Agustus 2014 - 13:13 WIB
Kinerja Reksa Dana Saham...
Kinerja Reksa Dana Saham Lampaui IHSG
A A A
JAKARTA - Kinerja rata-rata reksa dana saham dari sisi imbal hasil (return) hingga akhir Juli 2014 paling mentereng. Kinerja reksa dana saham di atas kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Berdasarkan data PT Infovesta Utama, reksa dana saham hingga akhir bulan lalu memberikan return rata-rata sebesar 22,89%, sedangkan IHSG hanya 19,06%.

Analis PT Infovesta Utama Vilia Wati mengatakan, unggulnya kinerja reksa dana saham terhadap kinerja IHSG didukung adanya fleksibilitas manajer investasi (MI) dalam mengalokasikan portofolio pada sektor dan saham yang lebih potensial.

"Sementara kinerja IHSG dipengarugi oleh seluruh saham yang tercatat di bursa saham," kata dia kepada Sindonews, Minggu (10/8/2014).

Adapun sentimen yang mempengaruhi kinerja reksa dana saham adalah proses pemilihan umum (pemilu) serta pengumuman hasil pemilu. Hal itu menjadi fokus investor pada bulan lalu dan kondisi politik domestik yang cukup stabil tersebut direspon positif oleh pasar.

"Selain itu, investor asing juga tampak cukup optimistis terhadap pasar domestik, di mana aliran dana asing masih tercatat terus masuk ke bursa saham dan obligasi pada bulan Juli lalu," imbuh dia.

Secara keseluruhan, Vilia menuturkan, kinerja reksa dana hingga tujuh bulan pertama tahun ini lebih baik dibanding periode yang sama tahun lalu karena didukung kinerja bursa saham dan obligasi pemerintah yang juga lebih baik.

Di samping itu, rata-rata reksa dana yang mampu mencetak kinerja yang lebih unggu dibanding dengan benchmark-nya masing-masing juga turut berkontribusi pada unggulnya kinerja reksa dana dibanding periode yang sama 2013.

Data Infovesta Utama menunjukkan, kinerja rata-rata IHSG hingga akhir Juli sebesar 19,06%, kinerja reksa dana mencapai 22,89%, reksa dana campuran 13,38% dan reksa dana pendapatan tetap 4,72% dengan kinerja obligasi pemerintah 2,83%.

Sementara pada periode yang sama tahun lalu, kinerja rata-rata IHSG tercatat sebesar 6,80%, reksa dana saham 6,02%, reksa dana campuran 3,64%, reksa dana pendapatan tetap minus 4,27%, dengan kinerja obligasi pemerintah minus 5,50%.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0719 seconds (0.1#10.140)