Dunia Ritel Inginkan Menteri dari Kalangan Profesional

Jum'at, 05 September 2014 - 14:30 WIB
Dunia Ritel Inginkan...
Dunia Ritel Inginkan Menteri dari Kalangan Profesional
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menginginkan pejabat birokrasi di pemerintahan baru nanti dikuasai para profesional dibandingkan politisi.

Ketua Aprindo Pudjianto mengingatkan tim transisi untuk mewaspadai para birokrat yang tidak mengerti lembaga yang dipimpinnya dan para pengusaha yang mempunyai kepentingan. Kedua jenis orang ini akan sangat berbahaya bagi pembangunan lima tahun kedepan.

"Jangan diberikan pada dua jenis ini. Kita harus mencari pemimpin yang memimpin dengan hati. Menko perekonomian atau Menteri Perdagangan harus mau blusukan mengetahui masalah sebenarnya," ujar Pudjianto saat berkunjung ke Gedung Sindo, Juamat (5/9/2014).

Dia mengatakan, sektor ritel saat ini sudah mulai melewati masa keemasannya. Banyak tantangan dan masalah yang dihadapi, mulai dari serbuan investor asing di sektor ini hingga kenaikan upah pekerja yang tinggi. Ini juga diperparah dengan kebijakan oleh Pemda yang mempersulit bisnis ritel.

"Banyak Pemda yang salah intepretasi dengan kebijakan pusat. Sehingga menteri sebaiknya turun ke lapangan dan melihat langsung. Bisnis ritel itu dinamis," ujarnya.

Tidak hanya blusukan, namun baik menko perekonomian atau menteri perdagangan juga harus didukung oleh investor asing. Karena investasi asing tetap kita butuhkan dan impor bisa dikurangi.

"Daripada kita impor, mari kita undang investasi datang dan berproduksi di dalam negeri," ujarnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0528 seconds (0.1#10.140)