PLN Tetap Dorong PLTU Batang Dibangun

Kamis, 16 Oktober 2014 - 04:12 WIB
PLN Tetap Dorong PLTU...
PLN Tetap Dorong PLTU Batang Dibangun
A A A
PLN Distribusi Jateng dan DIY tetap menghadapkan PLTU Batang tetap bisa dibangun, demi bisa menjaga keandalan kelistrikan di wilayah Jateng dan DIY.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY, Supriyono mengatakan, kondisi kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali terancam krisis di tahun 2017 mendatang jika PLTU Batang tidak dibangun.

Dijelaskan Supriyono, pembangkit-pembangkit yang ada saat ini hanya bisa memasok listrik 26.000 MW saja untuk Jawa-Bali. Padahal kebutuhan listrik terus meningkat, sehingga dibutuhkan pembangkit-pembangkit baru dengan kapasitas besar.

"Saat ini pertumbuhan pelanggan terus naik sekitar 10 persen setiap tahunnya, kalau mengandalkan kapasitas yang saat ini ada tahun 2017 bisa krisis listrik," katanya, Rabu (15/10/2014).

Menurutnya, PLTU Batang menjadi salah satu andalan untuk menyuplai pasokan listrik Jawa-Bali, dengan kapasitas 2x1.000 MW. Jika segera terealisasi, pembangkit tersebut setidaknya akan mengamankan pasokan listrik untuk kebutuhan masyarakat dan industri yang terus meningkat.

Ditambahkan, di Jateng-DIY sendiri saat ini kebutuhan listrik mencapai 3.300 MW. Jumlah tersebut akan meningkat lagi seiring masuknya 14 industri besar yang tengah mengajukan pemasangan listrik. Meskipun saat ini di sistem Jawa Bali, sudah dibantu PLTU Tanjung Jati Jepara namun, kapasitasnya masih cukup kecil.

Meski pembangunan PLTU Batang sifatnya mendesak,namun untuk realisasi pembangunannya, diserahkan kepada masyarakat dan pemerintah.

"Artinya diserahkan tergantung dari masyarakat dan kebijakan pemerintah. Kalau kebijakan pemerintah meminta dihentikan ya harus dihentikan," ucapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2919 seconds (0.1#10.140)