Kadin Desak RI Masuk ASEAN Infrastructure Investment Bank

Rabu, 05 November 2014 - 13:27 WIB
Kadin Desak RI Masuk ASEAN Infrastructure Investment Bank
Kadin Desak RI Masuk ASEAN Infrastructure Investment Bank
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendesak pemerintah masuk dalam ASEAN Infrastructure Investment Bank, yang notabenenya bank infrastruktur dalam lingkup ASEAN.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto menyebutkan, seluruh anggota ASEAN telah tergabung dalam bank infrastruktur tersebut.

Namun, hanya Indonesia yang masih enggan berpartisipasi dalam bank yang akan membantu Indonesia mengembangkan infrastruktur.

"ASEAN Infrastructure Investment Bank yang diprakarsai Tiongkok. 9 dari 10 ASEAN ikut berpartisipasi, namun sampai sekarang Indonesia enggak bergabung, sebagaimana itu diketahui untuk mendanai infrastruktur," ucap dia dalam sambutan di pembukaan Indonesia Infrastructure Week 2014 di JCC, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Sebab, Suryo menegaskan agar pemerintah Indonesia perlu mempertimbangkan kembali keanggotaan Indonesia di bank infrastruktur ASEAN.

Menurut dia, bergabungnya Indonesia di bank infrastruktur ASEAN dapat menjadi peluang mengembangkan visi kemaritiman yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kadin telah berusaha menarik investor swasta untuk bangun infrastruktur. Kadin sudah sampaikan gagasan pembangunan bank infrastruktur kepada pemerintah. Diharapkan pemerintah nmemiliki perhatian pada investasi swasta untuk ikut dalam pembangunan infrastruktur," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6510 seconds (0.1#10.140)