Ini Penyebab Harga Minyak Dunia Anjlok

Rabu, 03 Desember 2014 - 16:13 WIB
Ini Penyebab Harga Minyak Dunia Anjlok
Ini Penyebab Harga Minyak Dunia Anjlok
A A A
JAKARTA - Executive Director ReforMiner Institute Priagung Rakhmanto menuturkan, penurunan yang terjadi terhadap harga minyak dunia lantaran menumpuknya suplai minyak dan gas.

"Ini pertarungan harga. Jadi kondisi pasar minyak dunia over supply, terjadi 1 sampai 3 tahun yang lalu. Ada gejolak harga, penyebabnya over supply shell oil dan shell gas di AS," ujarnya di The Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Dia menuturkan, kondisi over supply tersebut membuat Arab Saudi geram dan akhirnya merubah targetnya menjadi USD100 per barel.

"Mereka ingin jadi penguasa pangsa pasar. Maka harga dibiarin turun, enam bulan ke depan masih akan terjadi perang harga. OPEC juga tidak selalu satu suara," jelas Priagung.

Meski demikian, pihaknya meyakini bahwa ke depan akan ada keseimbangan terhadap harga minyak baru.

"Harga minyak kan startegi dari masing-masing, enam bulan ke depan akan ada keseimbangan baru. Sekitar USD80 per barel harga keseimbang baru," ujar kata dia.

Sekadar informasi, harga minyak mentah dunia kembali jatuh pada hari ini. Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah berjangka untuk pengiriman Januari menurun USD2,12, atau 3,1% menjadi USD66,88 per barel. Minyak berjangka telah turun untuk lima dari enam sesi terakhir, melansir Market Watch.

Sementara untuk minyak Brent susut USD2, atau 2,8% menjadi USD70,54 per barel. Brent turun untuk enam dari tujuh sesi terakhir.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6285 seconds (0.1#10.140)