Shire Akuisisi NPS Pharmaceuticals Senilai USD5,2 M

Selasa, 13 Januari 2015 - 13:48 WIB
Shire Akuisisi NPS Pharmaceuticals Senilai USD5,2 M
Shire Akuisisi NPS Pharmaceuticals Senilai USD5,2 M
A A A
LONDON - Perusahaan farmasi Inggris, Shire, membuat kesepakatan akuisisi perusahaan bio-teknologi Amerika Serikat (AS) NPS Pharmaceuticals senilai USD5,2 miliar.

Shire menjelaskan, kesepakatan itu akan memperkuat posisi mereka di bidang obat-obatan untuk penyakit langka. Kedua perusahaan telah menyetujui kesepakatan yang akan menambah pendapatan Shire mulai 2016. Kesepakatan terjadi dua bulan setelah kesepakatan akuisisi untuk Shire dari perusahaan AS, AbbVie, tidak berlanjut.

”Akuisisi NPS Pharma merupakan langkah penting dalam meningkatkan strategi Shire untuk menjadi perusahaan bio-teknologi terdepan. Ini tentang pertumbuhan dan penyakit langka dan ini sesuai dengan strategi kami dan franchise kami,” papar Chief Executive Officer (CEO) Shire Flemming Ornskov.

Shire membayar USD46 per saham secara tunai untuk NPS, yang berspesialisasi dalam obat-obatan untuk kelainan saluran pencernaan. Jumlah tersebut mewakili 51% peningkatan harga saham NPS yang diperdagangkan pada 16 Desember, saat spekulasi potensi kesepakatan akuisisi itu pertama muncul.

Shire menjelaskan, pada Oktober lalu pihaknya akan mencari potensi akuisisi setelah AbbVie tidak lagi berminat mengambil alih perusahaan Inggris tersebut. Ketertarikan AbbVie terhadap Shire karena memungkinkan untuk secara dramatis mengurangi tagihan pajak, karena memungkinkan perusahaan AS itu memindahkan basis pajaknya di pulau Jersey, yang pajak korporatnya lebih rendah.

Adapun, perubahan aturan pajak AS bertujuan mengurangi celah pajak yang bisa hilang, sehingga akuisisi itu menjadi kurang menarik. Kesepakatan yang menjadi akuisisi perusahaan besar pertama pada 2015 itu diperkirakan selesai pada akhir kuartal I/2015.

Syarifudin
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6594 seconds (0.1#10.140)