Persaingan Bisnis Mikro, BTPN Tingkatkan Nilai Tambah

Sabtu, 17 Januari 2015 - 14:01 WIB
Persaingan Bisnis Mikro, BTPN Tingkatkan Nilai Tambah
Persaingan Bisnis Mikro, BTPN Tingkatkan Nilai Tambah
A A A
BATAM - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) terus memperkuat program Daya untuk nasabah mikro. Persaingan di segmen mikro yang semakin ketat membuat perbankan berlomba memberikan nilai tambah.

Branch Manager BTPN Mitra Usaha Rakyat (MUR) Cabang Batu Aji Batam Hendra Fauzi mengatakan, ke depan potensi segmen mikro akan semakin menjanjikan. Namun, ini juga berarti persaingan yang semakin ketat di antara bank perkreditan rakyat (BPR) dan bank umum.

“Sejak 2005 saya amati segmen mikro tidak terpengaruh tren perekonomian. Selalu potensial. Di Batam kami optimistis segmen ini dapat tumbuh,” ujar Hendra dalam diskusi di Batam kemarin. Secara nasional, sepanjang Januari-September 2014, BTPN telah menyelenggarakan 100.520 aktivitas Daya, tumbuh 69% dari periode yang sama tahun lalu. Sedangkan jumlah peserta Daya atau penerima manfaat mencapai 1.303.301 nasabah, meningkat 23,3%.

Data ini menunjukkan tingginya keinginan nasabah untuk tumbuh bersama BTPN. Dia mengatakan, pihaknya akan fokus dan konsisten melayani segmen masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM. Pihaknya meyakini bahwa keterlibatan langsung dalam memberdayakan nasabah adalah kunci menuju pertumbuhan kinerja bisnis yang prima dan berkelanjutan.

“Kami ingin memberikan nilai tambah ke nasabah. Sejauh ini tingkat kepuasannya 80% yang berarti layanan tambahan kami disukai nasabah sehingga loyal,” ujarnya. Perseroan mengimplementasikan sebuah model bisnis yang mengintegrasikan misi sosial dan misi bisnis dalam produk, layanan serta kegiatan sehari-hari.

Sinergi antara kedua misi tersebut tecermin melalui Daya. Daya memiliki tiga pilar program, yaitu Daya Sehat Sejahtera, Daya Tumbuh Usaha, dan Daya Tumbuh Komunitas. Daya melekat pada seluruh unit bisnis BTPN, yaitu BTPN Purna Bakti unit bisnis yang fokus melayani nasabah pensiunan,

BTPN Mitra Usaha Rakyat (MUR) unit bisnis yang fokus melayani pelaku usaha mikro & kecil, BTPN Mitra Bisnis unit bisnis yang melayani pelaku usaha menengah, serta BTPN Sinaya sebagai unit bisnis pendanaan BTPN. Selain itu, Daya juga diterapkan di anak perusahaan BTPN yaitu BTPN Syariah, yang berfokus melayani komunitas prasejahtera produktif.

Hafid fuad
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7120 seconds (0.1#10.140)