Pemerintah Undang Investor Bangun Pelabuhan Sorong

Rabu, 21 Januari 2015 - 11:23 WIB
Pemerintah Undang Investor Bangun Pelabuhan Sorong
Pemerintah Undang Investor Bangun Pelabuhan Sorong
A A A
JAKARTA - Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman mengundang investor untuk mengembangkan Pelabuhan Sorong, menjadi kawasan industri timur Indonesia.

Hal ini sejalan dengan visi kemaritiman yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk membangun tol laut.

"Pengembangan Pelabuhan Sorong sudah dimulai. Keputusan Sorong menjadi kawasan khusus sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RJPMN) 2015," kata Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, studi kelayakan (feasibility study/FS) untuk pengembangan Sorong telah diselesaikan, dan siap dipaparkan dihadapan pemodal asing ataupun dalam negeri.

Menurutnya, untuk menjadikan kawasan industri di Sorong sebagai tujuan investasi harus disiapkan infrastrukturnya, mulai dari pembangkit listrik, galangan kapal, pabrik semen, pelabuhan penumpang, terminal peti kemas hingga infrastruktur pendukung pariwisata di kawasan itu.

"Melalui pengembangan infrastruktur tersebut, maka semua sektor terkait pengembangan tol laut dapat berfungsi sesuai industrinya," tandas Indroyono.

(Baca: Pemerintah Gunakan Pola Lain Bangun Pelabuhan Sorong)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3821 seconds (0.1#10.140)