Susi Targetkan Produksi Ikan Sumbang 7% PDB

Rabu, 21 Januari 2015 - 16:55 WIB
Susi Targetkan Produksi Ikan Sumbang 7% PDB
Susi Targetkan Produksi Ikan Sumbang 7% PDB
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan, produksi ikan menyumbang sekitar 7% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Potensi ini semakin besar lagi dalam perannya menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, KKP juga menyumbang deflasi agar semua masyarakat bisa makan ikan laut.

"Kita juga sumbang deflasi ke BPS (Badan Pusat Statistik). Seperti ikan tenggiri ini kami targetkan harganya akan semakin turun ke Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kilogramnya. Supaya masyarakat bisa makan ikan laut," ujar Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Selama ini, ikan laut yang dikonsumsi dan terjangkau oleh masyarakat hanya jenis ikan tongkol dan ikan asin. Sebab, ikan laut lainnya seperti tenggiri, tuna, dan lainnya relatif mahal karena ketidaktertiban di perairan Indonesia selama ini seperti maraknya ilegal fishing.

"Masyarakat itu lebih sering hanya bisa makan ikan lele dan gurame karena ikan laut mahal. Ini ironi sekali, karena dua per tiga wilayah kita itu laut, tapi masyarakat sulit makan ikan laut mahal," terangnya.

Sementara, justru ikan budidaya air tawar semacam lele dan gurame selama ini komponen terbesarnya adalah biaya pakan yang mencapai 80%.

"Itu pakannya tersebut didatangkan dari luar negeri atau impor," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0501 seconds (0.1#10.140)