Bulog Komitmen Jaga Kualitas Raskin

Sabtu, 14 Februari 2015 - 09:20 WIB
Bulog Komitmen Jaga Kualitas Raskin
Bulog Komitmen Jaga Kualitas Raskin
A A A
JAKARTA - Perum Bulog berkomitmen menjaga kualitas beras untuk rakyat miskin (raskin) sehingga beras tersebut layak diberikan kepada warga. Dalam rangka menjaga kualitas beras, Bulog menerapkan standar yang ketat terhadap penyerapan gabah dari petani, penjemuran, penggilingan, penyimpanan di gudang, hingga distribusi.

“Penekanan terhadap kualitas selalu menjadi prioritas kami,” ujar M. Rudi Prasetya, Kepala Sub-Bulog Samarinda dalam keterangan tertulisnya kemarin. Artinya, jika terdapat beras dengan kualitas di bawah standar, maka Bulog akan menolak. Sedangkan saat penyimpanan, pihaknya selalu menjaga agar beras dalam kondisi kering.

Selain itu, agar terbebas dari jamur, gurem, dan hama, Bulog juga selalu memberikan fungisida dan penyemprotan antihama.“Agar tidak mengenai beras, ketika penyemprotan dilakukan, maka seluruh beras ditutup dengan plastik,” katanya. Dengan perlakukan yang sangat ketat tersebut, tak heran apabila Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa kualitas raskin secara umum relatif baik.

Hal tersebut diungkapkannya pada saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang Bulog di beberapa tempat dalam sepekan ini. Dalam sidak yang dilakukan, Khofifah memberikan apresiasi dan menyatakan bahwa kualitas raskin bagus. “Ibu Mensos bilang bahwa kualitas raskinnya bagus,” ujar Rudi. Hal yang sama disampaikan Miftahul Ulum, Kasubdivre Bulog Cirebon.

Menurutnya, dalam sidak yang dilakukan di Desa Tuk, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Wakil Ketua Komisi IV DPR HE Herman Khaeron pun menyatakan bahwa kualitas beras raskin relatif baik. Meski terdapat kutu, menurut Herman masih bisa diterima. Keberadaan kutu justru menunjukkan bahwa raskin adalah beras yang sehat dan bebas dari pestisida.

“Beliau berpesan agar Bulog meningkatkan pengawasan terhadap kualitas raskin, termasuk meningkatkan standar kualitas untuk masyarakat,” kata Ulum. Ulum sendiri menyikapi positif masukan dari wakil rakyat tersebut. Dia mengatakan bahwa selama ini pihaknya selalu menjaga dan meningkatkan kualitas.

Pada saat melakukan pembelian dari petani, Bulog menjaga agar beras yang dibeli memiliki kandungan pestisida serendah mungkin. Sedangkan, pada penyimpanan di gudang, Bulog selalu berupaya menjaga kebersihan dan kekeringan gudang.

Sudarsono
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6799 seconds (0.1#10.140)