Harga Emas Global di USD1.208/Ons

Jum'at, 20 Februari 2015 - 08:52 WIB
Harga Emas Global di USD1.208/Ons
Harga Emas Global di USD1.208/Ons
A A A
SINGAPURA - Harga emas global sedikit berubah kerena investor mengkaji pembicaraan mengenai utang Yunani, di tambah menguatnya dolar Amerika Serikat (USD).

Dikutip dari Reuters, emas di pasar spot stabil di level USD1.208,09 per ons pada 0043 GMT, setelah turun 0,5% pada sesi sebelumnya. Emas telah susut 1,7% sepanjang pekan ini.

Jerman menolak usulan Yunani untuk memperpanjang waktu pinjaman selama enam bulan bagi paket dana talangan karena menilai bukan solusi substansial.

Sikap tersebut membuat kondisi makin sulit dalam pertemuan para menteri keuangan zona Euro pada Jumat ini. Pemerintah baru Yunani berupaya untuk terhindar dari kebangkrutan dalam beberapa pekan dan akan menghadapi tekanan di konsesi Brussels.

Jerman sebagai kreditor terbesar memiliki pengaruh untuk memblokir kesepakatan dan memutus bantuan ke Yunani, sehingga berpotensi membuat Yunani keluar dari zona Eropa. Tetapi beberapa pejabat melihat sikap Jerman sebagai taktik dan diperkirakan akan menghasilkan kesepakatan di akhir pekan.

Sementara USD menambah tekanan, di mana para pedagang mengabaikan sikap hati-hati Federal Reserve dalam menaikkan suku bunganya pada Juni mendatang.

Pandangan itu didukung oleh data ekonomi yang kuat pada Kamis, di mana klaim orang Amerika untuk tunjangan pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan pada pekan lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja membaik.

Menguatnya USD membuat emas dalam denominasi USD lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5537 seconds (0.1#10.140)